Welcome to the Fantastic World of Yuan Zhi Yi

Rabu, 10 Juni 2009

KONDUKTOR

Konduktor ialah suatu bahan yang dapat menghantarkan arus listrik. Bahan konduktor pada umumnya terbuat dari logam. Contohnya : tembaga, besi, aluminium, perak, emas dan lain-lain. Selain logam ada bahan konduktor yang bukan logam tapi dapat menghantarkan arus listrik yakni macam-macam zat cair yang mengandung zat asam dan garam.

Isolator ialah suatu bahan yang tidak dapat menghantarkan arus listrik. Contohnya : kertas, kayu, kaca, plastik, karet dan lain-lain.Disamping bahan konduktor dan bahan isolator ada bahan yang bersifat semikonduktor. Semikonduktor ialah suatu bahan yangtidak dapat dikelompokan dalam konduktor maupun isolator. Contohnya : Silikon (Si) dan Germanium (Ge).

Superkonduktor ialah suatu bahan yang sangat baik dalam menghantarkan arus listrik. Tahanan dalam penghantar tidak ada ( = 0) , Contohnya serat optik.

Konduktifitas konduktor ialah kemampuan suatu konduktor untuk menghantarkan arus listrik. Konduktifitas konduktor sering juga disebut daya hantar konduktor. Konduktifitas dinyatakan dengan G satuannya mho.

Arus Listrik (Electrical Current)

Arus Listrik adalah banyaknya elektron yang mengalir tiap detik. Besarnya arus listrik diukur dengan satuan banyaknya elektron per detik, namun demikian ini bukan satuan yang praktis karena harganya terlalu kecil. Satuan yang dipakai adalah ampere, dimana

1 ampere = 1coulomb/det.

Tidak ada komentar: