Welcome to the Fantastic World of Yuan Zhi Yi

Rabu, 10 Juni 2009

CAHAYA

Kehidupan dibumi mustahil tanpa cahaya. Energi cahaya matahari dapat membuat tanaman tumbuh dengan baik dan segala makhluk hidup bisa hidup. Cahaya adalah suatu bentuk energi yang merambat dengan gelombang yang sangat kecil dan tak tampak. Gelombang cahaya membawa paket kecil energi yang disebut foton..kalau masuk ke mata kita, Foton itu merangsang sel-sel khusus yang peka cahaya, Sehingga kita bisa melihat bentuk energi lain yang merambat dengan gelombang adalah gelombang radio, Sinar-x dan mikro gelombang pada oven mikrowave. Semua ini adalah jenis gelombang elektromagnetis sama seperti spektrum warna, ada cahaya ada juga spektrum eloktromagnetis. Sebernarnya gelombang cahaya juga adalah gelombang elektromagnetis dan warna-warna pada cahaya juga adalah gelombang elegtromagnetis, warna-warna tersebut membentuk sebagian kecil dari spektrum elegtromagnetis. Gelombang cahaya dan gelombang elegtromenetis lain merambat dengan kecepatan lebih dari 300.000 km/detik, Atau 8kali keliling bumi tiap detik. Di alam semesta tidak ada yang cepat melebihi kecepatan cahaya. Cahaya adalah satuan dari waktu maka bila kita bisa melebihi kecepatan cahaya waktu akan berjalan mundur, Semakin kita cepat kita melebihi cahaya makin berjalan mundur. Ilmuwanilmuwan di dunia ini terus berusaha melewati kecepatan cahaya. Namun ada pula yang berkata kita tidak bisa melebihi kecepatan cahaya.

Banyak jenis benda dapat memancarkan cahaya. Matahari, bohlam dan kembang api perpijar karena panas yang menyebabkan cahaya. Namun, tidak semua cahaya. Misalnya bercak pada sebagian ikan laut dapat bersinar dengan bahan kimiawi bukan karena panas. Semua cahaya, dingin, termasuk cahaya floresen (cahaya pendar), diseut juga lummesen. Tabung fluoresen lebih dingin dan lebih ekonomis. Ketika arus listrik mengalir melali gas dalam tabung, Atau gas memancarkan sinar ultraviolet ini menabrak [bahan kimia dalam tabung] sehinga memencarkan cahaya putih cemerlang . Contohnya :pada lampu neon.

Cahaya merambat lurus. Maka umumnya cahaya tidak bisa berbelok jika ada rintangan menghadang .Ketika mengenai benda padat sebagian cahaya terpantul dan sebagain terserat oleh benda tersebut sehinga benda itu sedikit memanas. Ruang dibalik benda tak kena cahaya sehinga terdapat bayangan di situ.

Makin jauh kita maenjauhi cahaya, kecemerlangamanya makin berkurang karna dari sumbernya cahaya menyebar kesegalahnya maka kalo kita jauh dari kita, cahaya menyebar ke daerah yang luas. Banyak Bintang yang jauh lebih terang dari Matahari kita. Tapi cahayanya menyebar ke daerah yang sangat luas. Ketika sampai ke mata kita, cahayanya tampak lebih terang daripada cahaya lilin. Lilin merupakan cahaya pijar.

Hubungan cahaya terhadap kesehatan mata sangat erat, tanpa cahaya kita tidak dapat menulis dan membaca. Ketika membaca sebaiknya kita jangan menggunakan lampu yang terlalu redup karena mata akan cepat lelah dan akan mempengaruhi kesehatan mata. Jangan lupa meletakkan lampu di depan/lebih bawah dari mata, letakkan lampu / sumber cahaya lain diatas agar tidak mengganggu mata kita.

Televisi bisa kita lihat juga karena cahaya. Televisi menangkap gambar dari satelit. Sinyal yang ditangkap oleh tv dan diproses sedemikian rupa sehingga berbentuk gambar yang sangat kecil. Kemudian gambar tersebut diperlebar selebar luas permukaaan TV kita oleh proyektor-proyektor dari dalam tv dan disorot oleh cahaya sehingga dapat kita lihat. Inilah cara kerja tv, masih banyak alat yang menggunakan cahaya.

Tidak ada komentar: