Welcome to the Fantastic World of Yuan Zhi Yi

Rabu, 10 Juni 2009

A - B - C Kesehatan

Dari A sampai Z, semuanya berhubungan dengan kesehatan, ada pengetahuan, ada juga berupa tips, dijamin, bermanfaat bagi kita.
Antibiotika :
Zat yang dihasilkan oleh mikroorganmisme tertentu (Jamur) dan berguna untuk mematikan organisme lain. Digunakan untuk mengobati penyakit yang disebabkan oleh kuman, amoeba/jamur. Sudah dipaakai oleh manusia sejak 2500 tahun yang lalu.
Bulimia Nervosa :
Salah satu penyakit atau gangguan kebiasan makan. Penderita akan menyantapm makanan seperti orang normal atau sehat, tapi meski dimuntahkan kembali. Meski banyak makan tetapi badan kuruskering. Penyebabnya biasanya stres atau sangat terobsesi ingin kurus.
Cacar Air :
Bisa terjadi pada anak-anak, remaja dan orang dewasa. Penularannya bisa melalui percikan ludah si sakit / melalui cairan yang keluar dari gelembung-gelembung kulit yang pecah. Cacar Variola yang lebih berbahaya, dinyatakan musnah dengan WHO sejak Mei 1980.
Depresi :
Semangat dan aktivitas turun hingga orang sedih dan suntuk. Depresi bisa juga disebabkan oleh faktor hormonal, misal saat menjelang menstruasi.
Endemi :
Berasal dari kata Yunani ”endemos” yang berarti pribumi/lingkungan setempat. Istilah ini sering dipakai oleh dunia kesehatan untuk menunjukkan penyebaran penyakit di suatu tempat.
Flu :
Alias influenza yang disebabkan oleh virus. Masa inkubasi yang berlangsung selama 2 hari disusul demam sampai 39 – 39,50 C. Tahun 1918 influenza menyebabkan jutaan orang meninggal dunia. Kini, flu jarang menyebabkan kematian.
Gingvitis :
Penyakit kronis yang menyerang gigi dan mulut. Penyakit ini bisa terjadi kalau kita sering bernafas dengan mulut, menyikat gigi tidak benar, dan tekstur gusi yang halus sehingga kuman berkembang dengan mudah. Gejalanya a.l. warna gusi berubah warna menjadi merah dan bengkak.
Hepatitis :
Radang hati yang disebabkan oleh virus. Ditandai oleh perubahn warna kulit, dan bagian putih matra menjadi kekuningan. Penyakit ini sudah terkena lama di Babylonia pada abad ke-5 SM. Tahun 1918 Mc Donald menemukan ada 3 virus hepatitis A, B dan non A-non B.
Inkubasi :
Kurun waktu sejak masuknya kuman ke dalam tubuh sampai timbul gejala penyakit yang disebabkan oleh kuman/virus. Masa inkubasi setiap penyakit berbeda-beda. Penyakit akaibat keracunan makanan masa inkubasinya beberap jam sedangkan flu membutuhkan masa inkubasi sekitar 2 hari.
Jogging :
Olahraga ringan dan murah untuk menjaga kebugaran dan kesehatan organ tubuh. Melancarkan sirkulasi peredaran darah dan menyehatka hati. Sebelum melakukan jogging, tanya dulu pada instruktur atau dokter kesehatan untuk menyataka takaran yang pas.
Kafein :
Terdapat dalam kopi, teh dan coklat. Kafein mempunyai susuna syaraf, makanya orang sengaja minum kopi atau teh untuk menghilangkan rasa lelah dan mencegah ngantuk. Kafein bisa menimbulkan ketergantungan. Pengkonsumsinya akan sulit menghilangkan kebiasaan ini.
Leukimia :
Penyakit yang ditandai oleh pembelahan sela darah putih / leukosit secara tidak normal dan tak terkendali. Jumlah sel darah putih dapat meningkat tinggi karena disebabkan oleh kanker yang merangsang jaringan sumsum tulang, limpa, dan kelenjar getah bening. Dapat diobati dengan cara tranfusi darah dan obat anti kanker.
Mentruasi :
Dialami cewek tiap 28 hari (daur haid antara 21-35 hari). Darah yang dikeluarkan sekitar 6-50 ml, dan tidak membeku. Jumlah darah haid yang dikeluarkan oleh gizi, anemia dan kelainan hormonal. Makanya, pada tiap orang lamanya haid dan banyaknya darah tidak sama.
Nikotin :
Terdapat pada rokok¸ berasal dari pohon tembakau yang rasanya pahit dan pedas . Zat beracun ini juga digunakan sebagai insektisida karena sifat racunnya bisa mapuh membunuh serangga.
Obesitas :
Atau kegemukan dengan bobot badan 20% lebih berat dari berat badan normal. 70% penderita obesitas karena faktor keturunan (dari orang tuanya yang juga menderita obesitas).
Pubersitas :
Pada cewek ditandai oleh perubahan-perubahan secara fisik. Datangnya menstruasi dan perubahan fisik lain seperti merampingya pinggang yang disertai dengan m,elebarnya pinggul. Secara psikis, cewek mulai tertarik dengan cowok.
Quiet-time :
Waktu kusus untuk menenagkan diri ( istirahat ) sangat perlu buat kita yang punya banyajk kegiatan, stres, kelelahn bisa segar kembali bila kita mau menyediakan waktu buat rileks, bisa dengan cara mendengarkan musik, membaca komik, nonton film ringan, at mandi dengan aroma terapi. Tidur juga bisa membantu.
Rabies :
Disebabkan oleh virus yang berada pada air liur gigitan hewan yang terkena rabies. Rabies merupakan penyakit yang mematikan. Makanya, sebaiknya binatang peliharaan rumah harus divaksinasi untuk mencegah rabies dan di jauhkan dari binatang yang tak terawat, yang bebas berkeliaran. Binatang seperti anjing dan kucing berresiko besar menyebarkan rabies pada manusia.
Susu :
Bisa kita konsumsi buat memenuhi kebutuhan zat kalsium dalam tubuh kita. Dalam sehari kita butuh 1000 mg kalsium . = 3-4 gelas susu .apa lagi menjelang data bulan ,mefomsusi susu bisa membantu menambah tenaga, karena saat itu kehilangan banyak darah
Tanus :
Penyakit yang cukup berbahaya .peyakit ini merang sistem sayaraf yang disebabkan racun ’’Clostridium tetani bakteria ’’.tetanus bisa terjadi jika luka pada terinfeksi kuman ’’Clostridium tetani’’.Akibatnya, otot mengejang dan terasa sakit .tetanus bisa diobati dengan vaksinasi.
Uban :
Sel-sel pigmen pada kulit kepala mati ,dan rambut akan memutihnya .oprosesnya terjadi uban pada kulit tiap orang tidak sama ,rata –rata antara 10-20 tahun .secara umum ,proses uban ini terjadi pada usia muda sampai menula 70 tahun .Untuk mencegah mencegah datangnya uban pada mansia muda ,kita harus menjaa agar pigmen kulit kepala tetap sehat .
Vertigo :
Satu jenis sait kepala .vertigo mrupakan suatu kmpulan geala /keadaan sakit kepala yang disebabkan kurangan suplai oksigen dan zat gula keotak . akibatnya ,pembuluh dara di otak megalamiipenyempitan dan pembesaran secara bergantian [makanannya kepala kita terasa nyut-nyut–nyut].
Wortel :
Megandung vitamin A sangat baik bagi mata . bukan cuma membantu pengliatan, tapa jga bisa menghilangkan keteganggan mata .wortel juga mengandung vitamin C .minum segelas jus wortel segar tiap hari bisa melindunga kita dari flu,demam,dan bronchitis. Tapi hatihati terlalu banyak makan wortel bisa mengakibatan keracunan karatone.
X-raiy :
Atau sinar x..ditemukan pertam kali DESEMBER1895 oleh WILHELM KONRAD ROENTGENT .Sejak itu sinar-x menjadi alat penting bagi kesehatan. Digunakan untuk mendiagnosa tulang yang patah. Dalam perkembangannya, bisa digunakan juga untuk mendiaagnosa tumar dan perubahan-perubahan pembluh darah di otak.
Yodium :
Kekurangan yodium bisa mengakibatkan penyakit gondok dan kekerdilan. Yodium pertama kali ditemukan olrh ahli kimia Prancis, Bernard Courtois pada tahun 1811. KemudiN Joseph Louis Gay-Lussac yang mengenai suatu unsur baru. Dialah yang menamakannya dengan istilah iodin (dari kata Yunani ioeides berati berwarna ungu).
Zinc Citrat :
Dipakai sebagai salsah satu bahan dalam pasta gigi (odol). Campuran antara zat seng dan citrat ini berguna untuk pembentukan tulang dan gigi sehingga gigi kokoh dan kuat.

Tidak ada komentar: