Welcome to the Fantastic World of Yuan Zhi Yi

Sabtu, 05 Oktober 2013

ENGINEERING STRATEGY


Salah satu dari 6 strategi perubahan berencana yang dikemukakan Kurt E. Olmusk adalah Engineering Strategy. Engineering Strategy didefinisikan lingkungan kerja sangat besar pengaruhnya terhadap tingkah laku individu dalam suatu organisasi, lingkungan kerja yang sehat akan mempengaruhi individu untuk bertingkah laku baik, akan tetapi apabila di lingkungan kerjanya tidak sehat, maka akan sangat mempengaruhi tingkah laku yang baik, sehingga akan merugikan organisasi dimana dia sebagai anggotanya. Dapat disimpulkan bahwa lingkungan sangat mempengaruhi perubahan perilaku seseorang, jika dia tidak mengikutinya maka dia akan ketinggalan apa yang ada pada lingkungannya dan dianggap seperti orang asing.
Strategi ini tepat bagi orang-orang yang mengabaikan subjek-subjek dengan memperhatikan lingkungannya. Ini merupakan salah satu pendekatan sosiologis dengan anggapan dasar bahwa lingkungan disekelilingnya berubah.
Contoh penerapan strategi ini adalah sebagai berikut:
1.   Sebagian besar perusahaan manufaktur telah mengotomatisasi operasinya dengan pengendalian numerik yang terkomputerisasi menggunakan robot untuk digunakan sebagai operasi pemotongan logam. Pengembangan dan penggunaan teknologi informasi mungkin merupakan salah satu kekuatan terbesar untuk perubahan. Organisasi harus beradaptasi untuk menggunakan teknologi informasi seperti bagaimana Southwest Airlines menggunakan internet untuk memperoleh pelanggan. Jika hal tersebut tidak dilakukan maka perusahaan tersebut akan bangkrut karena pelanggannya berkurang.
2.   Kebiasaan ibu-ibu yang hidup di komplek perumahan elit adalah mengikuti tren yang ada pada lingkungan tersebut, jika tidak dia akan dianggap aneh dan lama kelamaan akan dikucilkan. Contohnya jika pada lingkungan tersebut muncul tren untuk menggunakan fashion terbaru, jika salah satu dari mereka tidak mengikuti tren fashion terbaru tersebut maka dia akan dikucilkan dan dianggap tidak modern.

Sumber Pustaka:
Lubarateam. 2007. Mutasi dan Reformasi. Diakses pada 12 September 2013 pada situs http://lubarablog.blogspot.com/2007/03/mutasi-dan-reformasi.html.
Rose, eny. 2009. Perubahan Organisasi. Diakses pada 12 September 2013 pada situs http://id.scribd.com/doc/19802890/Perubahan-Organisasi.
Schutt, Randy. 2001. Inciting Democracy: A Practical Proposal for Creating a Good Society. Cleveland: Spring Forward Press.

Tidak ada komentar: